Minggu, 28 Agustus 2011

Seluk-beluk Internet

 Apakah Internet Itu?

Internet adalah:
a. Kumpulan yang luas dari jaringan komputer besar dan kecil yang saling berhubungan menggunakan jaringan (tele) komunikasi yang ada di seluruh dunia.
b. Seluruh manusia yang secara aktif berpartisispasi sehingga internet menjadi sumberdaya informasi yang sangant berharga.

Jaringan komputer adalah cara untuk menghubungkan beberapa komputer yang ada di dalamnya dapat saling berhubungan dan berbagi sumber daya seperti printer dan perangkat penyimpan data.

Beberapa bentuk jaringan komputer:
a. LAN: Local Area Network
b. WAN: Wide Area Network
WAN digunakan hanya untuk keperluan suatu organisasi/ institusi/ perusahaan. Biasanya disebut dengan INTRANET, karena sangant spesifik baik hardware dan software yang digunakan berdasarkan kesepakatan antar anggota.
c. INTERNET
Gabungan network-network dengan platform/tatacara (protokol) yang universal, sehingga jika suatu jaringan komputer organisasi/perusahaan/institusi akan bergabung dalam INTERNET perlu dipilah bagian dari jaringan mana saja yang bisa dikunjungi/diberikan dipertukarkan kepada komunitas pemakai INTERNET.

 Mengapa Ada Internet?

a. Kebutuhan manusia akan informasi dan saling bertukar informasi untuk keperluan pribadi atau kelompok guna mencapai tujuan/kemajuan masing-masing.

b. Dunia saat ini sudah semakin terkoneksi. Ini berarti bahwa kita dapat menghubungkan sebuah telepon mobil/seluler untuk menghubungi seorang teman di belahan dunia yang lain. Kita bisa menonton siaran langsung pemecahan rekor Olimpiade dan rekor dunia yang terjadi di belahan dunia lain melalui televisi. Kita dapat menanam saham di seluruh bursa dunia karena pasar saham di Tokyo, London, dan New York sudah terhubung secara elektronik untuk memungkinkan peluang bisnis yang lebih luas, 24 jam sehari. Satu hal yang paling menarik dari keterkoneksian ini adalah INTERNET, dan salah satu keindahan internet adalah perkembangan dunia elektronik terbaru di bidang komunikasi dan pertukaran ide serta informasi. Akan seperti apa internet satu atau lima tahun mendatang adalah tergantung dari yang diinginkan oleh para penggunanya.

 Bagaimana Jaringan Internet Bisa Berkomunikasi?

Internet menggunakan bahasa komputer standard (secara ternis ini terkenal sebagai protokol) yang memungkinkan beragam jaringan komputer dan komputer yang berbeda untuk saling berkomunikasi. Protokol ini secara resmi dikenal dengan TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol), merupakan cara standard untuk mempaketkan dan mengalamatkan data komputer (sinyal elektrik) sehingga data tersebut bisa dikirim ke komputer terdekat atau keliling dunia dan tiba dalam waktu yang cepat tanpa rusak atau hilang.

Komputer-komputer dalam internet memiliki program khusus yang memungkinkan mereka berkomunikasi dengan TCP/IP. Saat anda memiliki account di Internet, dapat dikatakan Anda meminjam tempat dalam sebuah komputer yang berkomunikasi dengam TCP/IP. Komputer ini memungkinkan banyak orang menggunakannya pada saat yang bersamaan. Karena tidak mungkin setiap orang bisa duduk di depan komputer ini secara bersamaan, anda bisa menggunakan komputer pribadi anda, sebuah saluran telepon, dan perangkat yang disebut modem, yang menerjemahkan sinyal komputer menjadi sinyal telepon dan sebaliknya. Saat sebuah komputer pribadi tersambung, komputer internet (disebut host) menunggu adan untuk menekan tombol pada keyboark komputer anda dan mengirimkan jawaban yang kemudian muncul di layar monitor anda. Urutan koneksi ini memungkinkan anda untuk memanfaatkan seluruh ragam sumber daya yang ada di Internet.

 Hal Menarik Apa yang Bisa Anda Lakukandi Internet?

a. Anda bisa melakukan riset tentang apapun. Internet memungkinkan anda untuk mengakses salinan ringkasan penelirian para pakar baik sosial, hukum maupun teknologi.
b. Anda bisa melihat gambar-gambar menarik di galeri-galeri seni situs yang menampilkan salinan cerita-cerita dari yang klasik sampai jika anda membutuhkan buku bisa dipesan menggunakan kartu kredit, buku langsung dikirim.

c. Internet memungkinkan Anda untuk bertemu dengan orang di seluruh dunia yang memiliki minat atau hoby yang sama dengan Anda. Minat atau hoby ini meliputi segala hal dari pendidikan untuk anak-anak di rumah hingga mobil.

d. Anda bisa mendapatkan prakiraan cuaca esok atau bahkan mendapatkan foto cuaca udara dari satelit yang dipotret sejam sebelumnya.

e. Anda bisa mendapatkan program komputer gratis baik untuk DOS, Windows, Macintosh atau UNIX. Bahkan beberapa situs menyediakan barang-barang gratis (freebies) jika anda menginginkannya.

f. Anda bisa mendapatkan informasi dan tutorial bahkan kuliah jarak jauh melalui Internet.

g. Anda dapat ikut dalam permainan (game) bersama orang lain dari kota bahkan benua lain.

h. Anda dapat ngobrol dengan seseorang atau sejumlah orang dengan topik sesuai keinginan anda. Bahkan saat ini dapat dilakukan dengan menggunakan sarana multimedia yang ada, apa yang dinamakan dengan videophone, bercakap-cakap sambil melihat lawan bicara di layar monitor. Lebih maju dari sekedar internet phone.

i. Anda dapat mendengarkan siaran radio (streaming audio) atau bahkan siaran televisi (streaming video) dari pengusaha jasa broadcasting yang memanfaatkan teknologi baru internet, hanya saja untuk keperluan tersebut diperlukan kecepatan dan bandwith saluran komunikasi jaringan yang besar. Dan tak kalah tentunya dana yang cukkup besar pula.

0 komentar:

Posting Komentar

 

OURS. Design By: SkinCorner